Jumat, 01 Mei 2009

Quw's Blog

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum...

    temen-temen tau gak apa yang namanya marothibul mahabbah?
    Dani punya info baru neh about it.
    jadi, Marothibul Mahabbah itu nama lainya adalah tingkatan cinta.
    mau tau tingkatan cinta itu apa ajah?
    ne dia...
    1. Al-'ALAQOH :rasa suka. tapi rasa sukanya lebih cenderung ke benda g2. exp. kalo temen-temen lagi belanja, pasti milih-milih kan? nah benda yang temen2 pilih itu adalah benda yang temen2 sukai. dan rasa suka itu disebut marothibul mahyabbah.
    2. AL-'ATHFU : Simpati / perasaan positif yang disertai rasa suka. rasa ini lebih cenderung perasaan cinta pada manusia. ciri2nya: selalu menginginkan yang kita cintai dalam keadaan yang baik.
    3. ASH-SHOBAHA : Empati/bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang yang kita cinta. ciri2nya: cinta ini9 dapat menumbuhkan ukhuah.
    4. ASH-SYAUQ : Rindu. ciri2nya : ingin selalu bersama-sama, merasa kehilangan jika yang kita cintai tidak ada, melahirkan mahabbah dan rahmah. rasa cinta ini kecenderungan untuk orang2 yang mu'min.
    5. AL-,ISQI : Asyik. ciri2nya : selalu merasa senang, sehingga selalu ada keinginan menuruti yahng kita cintai. cinta ini kecenderungan cinta yang ditujukan kepasa Nabi Muhammad SAW.
    6. AT-TATTAYUM : Menghamba. hasilnya adalah mengabdi. cinta ini hanya untuk Allah SWT.
    JADI, CINTA ITU ADA TINGKATANYA LHO....
    untuk menjadi seorang muslim yang baik, sebaiknya temen-temen bisa mengatur bagaimana sebaiknya cinta temen2 akan ditujukan.

    BalasHapus